NEWS

Praktikum Mikroprosesor dan Mikrokontroler Menggunakan Modul Raspberry pi , Nuvoton , FPGA, dan Android.

Semarang – Laboratorium Mikroprosesor dan Mikrokontroler sekarang menggunakan mikro untuk bahan praktikum dan pembelajaran yang lebih modern. Praktikum mikroprosesor sekarang sudah menggunakan modul Nuvoton dan Raspberry. Sebelumnya modul yang digunakan dalam praktikum ATMega 8525 dan Arduino. Pembaharuan mikrokontroller ini bertujuan untuk mengikuti dunia teknologi dan industri yang semakin maju dengan prosesor yang lebih cepat.

Praktikum mikroprosesor dan mikrokontroler menggunakan modul Nuvoton NUC140 dengan prosesor ARM CORTEX 32 bit dengan bahasa program C, software CooCox CoIDE. Sedangkan Raspberry pi 3 B+ dengan prosesor yang lebih cepat 64 bit dengan bahasa pemrograman Python3 yang bisa di install Operating System Windows maupun Linux.

Mata kuliah Perencanaan Sistem Digital juga mempraktikkan langsung cara membuat gerbang logika pada IC menggunakan FPGA (Field- Programmable Gate Array) untuk mengimplementasikan rangkaian digital seperti gerbang logika AND, OR, NOT. FPGA menggunakan mikroprosesor yang  dibuat oleh vendor xilinx, bahasa pemrograman yang digunakan menggunakan bahasa VHDL (VHSIC Hardware Description Leaugue) yang bisa digunakan untuk simulasi sistem digital secara lansung.

Dari pembelajaran dan praktikum ini diharapkan mahasiswa teknik elektro dapat bersaing diluar dengan di bekali materi dan praktik yang sudah menyesuaikan dengan dunia industri saat ini yang semakin maju.


Indrawan | 13 December 2018